Selasa, 31 Juli 2012

Vertigo dan dizzines si pusing berputar.

Vertigo merupakan gejala yang banyak di jumpai di masyarakat, penyakit ini hilang timbul dan kadang kala menjadi kronis atau berkepanjangan. Gejala akut dapat menjadi kronis bila tidak diatasi secepatnya.
Gejala vertigo terkadang mirip dengan gejala dizzines, keduanya berupa pusing berputar, kadang disertai mual dan muntah, tetapi pengobatan keduanya berbeda dikarenakan penyebabnya juga berbeda.
Dokter spesialis saraf dapat membedakan keduanya untuk memberikan pengobatan yang tepat.
Penyebab vertigo umumya oleh karena :
1. Stroke.
2. Gangguan sisitim vestibuler (keseimbangan).
3. Gangguan pembuluh darah leher.
4. Transient Ischemic Attack.
5. Ansietas (kegelisahan).
6. Jepitan saraf leher.
7. Migrain.
8. Tumor daerah kepala.
9. Obat-obatan yang tidak sesuai.

Vertigo yang sifatnya akut lebih mudah ditangani dibanding vertigo kronis, tetapi vertigo kronis pun bisa diobati dengan pengobatan dan latihan-latihan rutin.



2 komentar:

  1. siang dok....
    dok sy pengin nanya,bulan lalu sy mengalami vertigo (tanpa pusing) hanya berputar dan mual muntah,sebelum itu sy mengalami sakit telinga mendengung stlh di periksa di spesialis tht-kl kondisi telinga sy di bilang normal,sy mau tanya apa ada hubungannya vertigo dgn telinga mendengung,krn pada saat sy vertigo dokter yg menangani sy di treatmen obat : vastigo,zibelium,dan tebokan selama 10 hr,sy mohon info dok atau petunjuk treatmen pengobatan agar vertigo sy itu tdk kambuh lagi,sebab akhir2 ini telinga sy kembali mengalami masalah sakit mendengung,atas perhatian dan waktunya sy ucapkan trimakasih,salam...

    BalasHapus
  2. Bp. Dedy, terima kasih atas komennya.

    Vertigo bapak harus di cari penyebabnya, karena ini berkorelasi dengan serangan-serangan vertigo di kemudian hari.
    Ada tipe vertigo yang hanya timbul 1-2x, ada yang sering timbul berulang-ulang bahkan kronik. Keduanya memerlukan pengobatan yang berbeda.
    Coba bapak kunjungi dokter spesialis saraf untuk berkonsultasi tipe vertigo yang mana yang bapak derita, karena memerlukan pemeriksaan fisik juga.

    demikian penjelasan saya.

    BalasHapus